Denpasar – Unit Kegiatan Mahasiswa Programming of STIKOM Bali, Unit Kegiatan Mahasiswa Kelompok Studi Linux, dan Unit Kegiatan Mahasiswa Robotics and Embedded System pada 29 – 31 Oktober 2021 menggelar salah satu acara tahunan yaitu Infinite Creativity on IT (INFINITY) 2021 yang bertemakan “Breaking Through The Barries”. Acara ini dilakukan secara hybrid, di mana acara dilaksanakan secara offline dan online dikarenakan situasi pandemi Covid-19 yang belum selesai. Hal ini tidak menyurutkan semangat mahasiswa baik dalam mempersiapkan kegiatan ataupun mengikuti setiap rangkaian INFINITY 2021.
INFINITY 2021 yang berlangsung selama 3 hari dengan 6 rangkaian acara, yakni seminar dengan tema culture of technology, lombaide kreatif software development tingkat mahasiswa, lomba web design tingkat SMA, lomba sumobot tingkat mahasiswa, lomba Mobile Legend dan PUBG Mobile.
Ketua panitia acara INFINITY 2021, yaitu Octavia Anggun Pratiwi menerangkan bahwa pencapaian peserta kegiatan ini adalah mulai dari tingkat SMA, mahasiswa hingga umum sebagai berikut: seminar nasional diikuti sebanyak 544 orang, lomba Mobile Legend sebanyak 146 orang, lomba PUBG Mobile sebanyak 47 orang, lomba ide kreatif software development tingkat mahasiswa sebanyak 25 orang, lomba sumobot tingkat mahasiswa sebanyak 37 orang, dan lomba web design tingkat SMA sebanyak 7 orang. Dan keseluruhan peserta kegiatan ini mencapai total : 806 orang.
Kegiatan pertama dimulai dengan acara pembukaan INFINITY 2021 pada hari Jumat, 29 Oktober 2021 yang dibuka oleh Wakil Ketua Umum Unit Kegiatan Mahasiswa Programming of STIKOM Bali Gusti Ayu Putu Kesari Purnama Yani, dan di hari yang sama juga berlangsung perlombaan ide kreatif software development tingkat mahasiswa dan web design tingkat mahasiswa di Kampus II STIKOM Bali Jimbaran secara online. Dari rangkaian perlombaan yang telah diselenggarakan juara dari perlombaan ide kreatif software development tingkat mahasiswa, yakni Juara 1 dimenangkan oleh tim Alone is Better dengan perolehan poin 165,2 dari Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali, Juara 2 dimenangkan oleh Tim Adoptive Team dengan perolehan poin 161,8 dari Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali, Juara 3 dimenangkan oleh Tim Team Untuk Kita dengan perolehan poin 158,6 dari Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali. Dan untuk kategori web design tingkat SMA, yaitu Juara 1 dimenangkan oleh Zidan Muhamad Daffa dengan perolehan poin 179,8 dari SMK Telkom Bandung, Juara 2 dimenangkan oleh Yan Chris Difa dengan perolehan poin 169,2 dari SMK TI Bali Global Badung, dan Juara 3 dimenangkan oleh Ryan Aditya Puluhulawa dengan perolehan poin 167 dari SMK TI Bali Global Denpasar.
Di hari yang sama juga diadakan lomba Mobile Legend dan PUBG mobile tingkat umum yang dilaksanakan pada hari Jumat, 29 Oktober 2021 – Sabtu, 30 Oktober 2021. Berikut ini adalah para pemenang lomba Mobile Legend, yaitu Juara 1 dari tim Senggol Dong, Juara 2 dari tim Dark Angel, dan Juara 3 dari tim Xent. Dan untuk pemenang lomba PUBG Mobile, yatiu Juara 1 oleh tim As Slayer, Juara 2 oleh tim Nevervain, dan Juara 3 oleh tim Esprime Galaxy.
Selanjutnya pada hari Sabtu, 30 Oktober 2021 dilaksanakan perlombaan sumobot di Kampus II STIKOM Bali Jimbaran secara online. Juara dari perlombaan sumobot tingkat mahasiswa, yakni Juara 1 dimenangkan oleh Tim Basudewa Krishna dari Politeknik Negeri Bali, Juara 2 dimenangkan oleh Tim KSR-Unibot dari Universitas Udayana, Juara 3 dimenangkan oleh Tim Uncle Mutho dari Politeknik Negeri Bali. Adapun kategori best fighter dimenangkan oleh Tim Venombot dari Politeknik Negeri Bali, serta kategori best design dimenangkan oleh Tim Pinky dari ITB STIKOM Bali.
Kegiatan terakhir dilaksanakan pada hari Minggu, 31 Oktober 2021 dengan menyelenggarakan seminar nasional secara online serta penutupan INFINITY 2021. Seminar ini diikuti oleh 544 peserta dan para juara serta undangan dari Direktur Direktorat ITB STIKOM Bali Kampus Jimbaran, Koodinator Bagian Kemahasiswaan ITB STIKOM Bali, Pembina Unit Kegiatan Mahasiswa Programming of STIKOM Bali, Badan Legislatif Mahasiswa, dan Badan Eksekutif Mahasiswa. Seminar INFINITY 2021 dibawakan secara 2 sesi, sesi pertama dibawakan oleh narasumber I Made Marlowe Makaradhwaja Bandem, B.Bus yang merupakan Koordinator Arsip Bali 1928 dan Wakil Ketua Yayasan Widya Dharma Shanti dengan membawakan judul materi “Sinergi Kreativitas Teknologi dan Budaya”. Beliau menjelaskan salah satu solusi agar kita tidak menjadi kaum tertinggal pada revolusi industri 4.0 adalah dengan memiliki jiwa creative dan creativepreneur. Jiwa ini bisa dikembangkan dengan selalu mengasah sikap kritis, selalu penasaran, mampu mengolah rasa dan logika, berani mengambil risiko, terbuka dan berwawasan luas, peka dan peduli, serta berorientasi pada tujuan. Dilanjutkan dengan seminar sesi 2 yang dibawakan oleh Nindi Kusuma Ningrum, S.T. yang berprofesi sebagai CEO Ylabs Indonesia. Beliau membawakan materi tentang “Who are we in the global tech ecosystem?” yang dimana lebih menjelaskan tentang smart culture sebagai sebagai acuan dalam pengembangan teknologi agar tidak meninggalkan karakter daerah dari daerah itu sendiri. Kita sebagai study researcher atau peneliti harus memiliki inovasi dan motivasi untuk mengubah dunia dan masa depan menjadi lebih baik dan maju dengan teknologi tanpa melupakan budaya dari nenek moyang kita.
INFINITY 2021 ditutup dengan pemutaran video kegiatan INFINITY 2021, pembacaan juara lomba, foto peserta seminar bersama via zoom meeting, hiburan dance dari Unit Kegiatan Mahasiswa Dance of STIKOM Bali, dan hiburan akustik band oleh Sweet Chocolate.(*)