Hasil Pengukuran Kepuasan Pemangku Kepentingan Semester Ganjil 2024/2025

Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali, melalui Direktorat Penjaminan Mutu dan Pengawasan Internal, secara rutin setiap semester melaksanakan pengukuran tingkat kepuasan pemangku kepentingan, khususnya Dosen dan Mahasiswa. Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas layanan dan keberlanjutan institusi.

Proses pengukuran ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data, yang dirancang untuk mengevaluasi lima variabel utama. Kelima variabel tersebut meliputi: reliability (keandalan), yang mencakup konsistensi dan ketepatan layanan; responsiveness (daya tanggap), yang menilai kemampuan merespons kebutuhan pemangku kepentingan; assurance (kepastian), yang mengukur rasa aman dan kepercayaan yang diberikan; empathy (empati), yang mencerminkan perhatian dan kepedulian terhadap kebutuhan individu; serta tangible (bukti langsung), yang meliputi aspek fisik dan fasilitas yang mendukung layanan. Dengan pengukuran ini, STIKOM Bali berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu dan memastikan kepuasan seluruh pemangku kepentingan terpenuhi. Berdasarkan hasil analisa, maka dapat diambil kesimpulan bahwa Customer Satisfaction Index (CSI) keseluruhan pada periode Semester Ganjil 2024/2025 diperoleh data sebagai berikut:

TABEL KEPUASAN PEMANGKU KEPENTINGAN GANJIL 2024/2025
No.PRODICSI DOSENCSI MAHASISWA
1Prodi Sistem Komputer82,32%(Sangat Puas)83,80%(Sangat Puas)
2Prodi Sistem Informasi81,49%(Sangat Puas)82,38%(Sangat Puas)
3Prodi Teknologi Informasi82,82%(Sangat Puas)82,72%(Sangat Puas)
4Prodi Bisnis Digital82,51%(Sangat Puas)82,10%(Sangat Puas)
5Prodi Manajemen Informatika82,42%(Sangat Puas)83,51%(Sangat Puas)
6Prodi S2 Sistem Informasi Program Pascasarjana87,80%(Sangat Puas)86,23%(Sangat Puas)