UKM RADE ITB STIKOM Bali Berpartisipasi dalam Lomba GEMASTIK 2022

Denpasar – Minggu, 30 Oktober 2022. Unit Kegiatan Mahasiswa Robotics and Embedded System(UKM RADE) ITB STIKOM Bali, mengikuti babak penyisihan dalam perlombaan Competitif Programming yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, dalam acara Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi (GEMASTIK) Tahun 2022. Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi (GEMASTIK) merupakan kegiatan tahunan sebagai upaya komprehensif untuk meningkatkan Soft Skill, literasi teknologi, literasi data, dan literasi manusia. Acara GEMASTIK tahun ini mengusung tema “TIK Untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”. GEMASTIK Tahun 2022 yang memiliki 11 cabang lomba  telah menjadi ajang positif yang telah diikuti oleh mahasiswa se-Indonesia untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berpikir kritis, berinovasi dalam pemecahan masalah, meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan jejaring antar perguruan tinggi, dan memupuk rasa kesatuan dan kebanggaan terhadap kebhinekaan bangsa dan budaya.

Unit Kegiatan Mahasiswa Robotics and Embedded System (RADE) ITB STIKOM Bali mengirim 3 Tim Lomba Divisi Pemrograman yang terdiri dari Tim Black Mamba (Muhammad Iqbal Rizqi Baihaqi dari Sistem Informasi, I Made Dwi Prasetya Astrawan dari Sistem Komputer, dan Aditya Naray Artamerta dari Sistem Komputer), Tim Kunjungi Baliparadise Id (Agung Surya Nugraha S. dari Sistem Komputer dan I Putu Gede Yahya dari Manajemen Informatika) serta Tim Bunda Ramah (I Gusti Agung Ganes Satsangga Dipa dari Sistem Informasi, I Gede Krisna Adi Wiranata dari Sistem Komputer, I Putu Ekajaya Awidya Putra dari Sistem Informasi).

Divisi Pemrograman merupakan lomba pemrograman yang menguji kemampuan dan nalar peserta dalam menyelesaikan program komputer untuk memecahkan permasalahan yang diberikan. Kriteria penilaian mencakup kecepatan penulisan program dan ketepatan atau efisiensi dari program yang dibuat untuk setiap kasus permasalahan terkait. Saat pertandingan, peserta akan diberikan deskripsi-deskripsi sejumlah permasalahan dan dalam kurun waktu 3-5 jam peserta harus menyusun dan mengumpulkan sebanyak mungkin program yang dapat menjawab masing-masing permasalahan tersebut. Setiap program yang dibuat selain dapat menjawab dengan tepat kasus permasalahan yang diberikan, juga harus dapat dijalankan pada setiap kasus dalam waktu yang amat terbatas. Sehingga, selain peserta diadu dalam kecepatan penulisan program, peserta juga dituntut menemukan serta menggunakan algoritma (struktur data) yang tepat dan efisien. Bahasa pemrograman yang digunakan antara lain: C, C++, dan Java. Lomba Competitif Programming dilakukan secara daring yang bertempat di Ruang Lab. Bisnis Intelegent Lantai 4  Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali.

Tim Black Mamba, Tim Kunjungi Baliparadise Id,dan Tim Bunda Ramah mengikuti babak penyisihan untuk masuk ke Babak Final pada hari Minggu, 30 Oktober 2022. Akan tetapi perjuangan 3 Tim tersebut harus berhenti di babak penyisihan setelah diumumkannya daftar tim peserta yang lolos ke babak final pada hari Sabtu, 12 November 2022. (*)