Pendaftaran Online

Call For Pappers

E-tourism

Denpasar-Mapala Kompas STIKOM Bali melantik 13 anggota baru pada kegiatan Pendidilkan Dasar (Diksar) VIII bertempat di Taman Wisata Alam Danau Buyan dan Tamblingan, Kabupaten Buleleng, Bali. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari, mulai dari tanggal 21 sampai dengan 24 Maret 2019, dimana 13 anggota baru ini terdiri dari 12 laki-laki dan 1 perempuan. 

Ketua panitia Diksar VIII Mapala Kompas STIKOM Bali Tut Dono menjelaskan, kegiatan Diksar ini diawali dengan kegiatan class room yang bertujuan untuk memberikan pembekalan teori kepada calon anggota Mapala Kompas agar mengetahui dan memahami dengan baik bagaimana kondisi alam sekitar. Banyak rangkaian yang dilakukan sebelum kegiatan pelaksaan ini, seperti wawancara calon anggota yang dilaksanakan pada tanggal 27 Febuari 2019 dengan total 19 orang pendaftar. Kemudian dilakukan pemberian materi class room sebanyak 4 kali. "Class room I diisi dengan materi manajemen perjalanan, class room II materi single rope technic, class sroom III materi survival, dan untuk class sroom IV diisi materi navigasi darat. Semua materi ini  diberikan oleh tim SAR Provinsi Bali," ungkapnya.

"Hari pertama calon anggota Mapala Kompas berada di wilayah Danau Tamblingan dan diarahkan untuk mengimplementasikan materi manajemen perjalanan (manajemen packing) yang sudah diberikan saat class room.  Kemudian calon anggota melakukan navigasi darat untuk menuju Danau Buyan 2. Sementara, di hari kedua calon anggota mendapatkan materi pertolongan pertama yang diberikan oleh KSR STIKOM Bali, kemudian dilanjutkan dengan materi snake handling and rescue oleh Widya Sarpa. Hari ketiga, anggota diarahkan untuk melakukan kegiatan survival, dimana barang bawaan mereka disita oleh panitia, kemudian diberikan survival kit dan beberapa perlengkapan pendukung untuk melakukan kegiatan tersebut. Tak lupa juga mereka diberikan hukuman sebagai konsekuensi dari pelanggaran yang mereka lakukan. Dan di hari terakhir barulah dilakukan pelantikan calon anggota Mapala Kompas yang bertempat di Danau Buyan 2," jelas Tut Dono.

Ketua Umum UKM Mapala Kompas STIKOM Bali Dwik Tarzan mengaku sangat senang, sekaligus bangga dengan pelantikan anggota baru Mapala Kompas ini. Dia berharap melalui diksar VIII, Mapala Kompas bisa menjadi semakin lebih baik dan semakin maju dengan kehadiran anggota baru ini.