Pendaftaran Online

Call For Pappers

E-tourism

Singaraja-Jumat, (28/12/2018) UKM KSR PMI Widya Bhakti STMIK STIKOM Bali meyelenggarakan kegiatan MOCA yang bertempat di Bumi Perkemahan Buyan. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari UKM yang diselenggarakan 1 tahun sekali. Kali ini mengusung tema “Dengan Kebersamaan, Tumbuhkan Persatuan dan Memberketat Persaudaraan” dengan tujuan untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan kepemimpinan dalam kelompok untuk calon anggota UKM KSR PMI Widya Bhakti STMIK STIKOM Bali.

Kegiatan dimulai dengan pesiapan dan briefing pukul 07.30 Wita yang dipimpin oleh I Dewa Gede Yudha Perwira Adhi Pradyana sebagai ketua panitia Donor Darah dengan jumlah peserta 19 orang. Kemudian berangkat ke lokasi perkemahan pada pukul 08.00 Wita dan sampai di lokasi pada pukul 11.00 Wita. Peserta kemudian dikumpulkan untuk membantu panitia membangun tenda, lalu makan bersama dan dilanjutkan dengan games.

Upacara pembukaan yang dilakukan di wantilan, setelah itu peserta diberikan waktu istirahat. Dilanjutkan kembali dengan games untuk peserta yang diawali dengan spider web, dilanjutkan dengan memindahkan gelang karet dengan sedotan plastic, memindahkan  gelang karet yang berisikan tepung dengan tusukan gigi, memindahkan air dengan gelas plastic yang berlubang, serta permainan memindahkan tepung dengan tangan.

Pada malam harinya, semua berkumpul untuk melakukan malam keakraban yang disertai dengan api unggun yang menyala. Di makrab tersebut dimulai dari perkenalan dari seluruh panitia, undangan, dan peserta. Dilanjutkan dengan peserta menyanyikan yel-yel dan pembacaan surat cinta untuk panitia yang telah dibuat. 

Kegiatan MOCA dilanjutkan Sabtu, (29/12/2018), dimana peserta dikumpulkan pukul 07.00 Wita untuk makan pagi, lalu diberikan waktu istirahat untuk persiapan acara selanjutnya yaitu tracking yang diperkirakan jaraknya sekitar 5 km. Peserta hanya diberikan membawa 1 tas, 2 botol air mineral, beberapa snack, dan 2 SmartPhone dalam tracking. Tracking dibagi menjadi 3 pos dengan challenges atau tantangan yang diberikan penjaga pos. Usai tracking acara dilanjutkan dengan operasi semut dimana peserta diajak memungut sampah yang ada disekitaran tenda, sebelum dilanjutkan dengan acara makan siang dan acara penutup.