Pendaftaran Online

Call For Pappers

E-tourism

Denpasar-Jumat, (24/08) UKM Multimedia STMIK STIKOM Bali kembali menggelar Adu Karya yang ke XIV serangkaian acara Kebangkitan Budaya dan Olahraga (KBOR) VII yang bertempat di Kampus Renon STMIK STIKOM Bali. Adu Karya XIV ini merupakan ajang bagi para mahasiswa/i untuk menunjukkan karya terbaik mereka yang siap diadu dan memperebutkan juara berhadiahkan beasiswa. Adapun lomba yang digelar yakni, Lomba 2D Infografis dan Lomba 3D Modeling. Pada lomba ini para peserta dituntut untuk bisa menampilkan kreativitasnya dalam penggunaan teknologi pada era seperti sekarang ini dengan menuangkannya melalui sebuah karya seni yang memiliki arti dan nilai seni sesuai tema yang telah diangkat pada kesempatan ini yaitu “Kemerdekaan”.

Ketua panitia I Dewa Made Septana Yosa mengungkapkan peserta lomba diikuti oleh mahasiswa/i STIKOM Bali yang dihadiri oleh pembina UKM Multimedia, perwakilan dari Pembantu Ketua III, perwakilan dari senat mahasiswa, dan perwakilan dari Badan Legislatif Mahasiswa (BALMA) STIKOM Bali. Lomba dibagi menjadi dua tempat sesuai dengan jenis lomba yang diikuti. Lomba 2D Infografis dilaksanakan di Lab. Web Technology diikuti oleh 36 orang peserta, sementara lomba 3D Modeling dilaksanakan di Lab. Business Intelligence yang diikuti oleh 6 orang peserta. "Sebelum lomba dimulai, peserta melakukan registrasi ulang di stand sekretariat yang dibuka dari pukul 08.00 Wita. Setelah registrasi, dilanjutkan dengan pelaksanaan lomba dari pukul 09.00–13.00 Wita. Hasil karya para peserta lomba ini, dinilai oleh dua orang juri yang tentunya sudah ahli dibidangnya. Juri pertama adalah salah satu Dosen dari STMIK STIKOM Bali, I Gede Harsemadi, S.Kom., M.T. dan juri kedua I Made Putra Yasa yang merupakan seorang 3D Animator and Illustrator dari Balai Diklat Industri (BDI) Denpasar," urainya.

"Yang membedakaan Adu Karya XIV ini dari adu karya sebelumnya adalah penambahan jenis Lomba 3D Modeling. 3D Modeling merupakan jenis lomba yang pertama kali diadakan oleh UKM Multimedia di STMIK STIKOM Bali. Maksud diselenggarakannya lomba ini, untuk mencari bibit-bibit penerus UKM Multimedia dalam bidang desain 3D. Ini merupakan sesuatu yang sangat penting untuk diperhitungkan karena desain 3D juga merupakan bidang multimedia yang sedang trend di era teknologi sekarang ini dan memiliki peluang yang sangat besar dalam dunia multimedia dan komersial," jelas I Dewa Made Septana Yosa yang akrab disapa Yosa.

Lebih lanjut Septana Yosa menjelaskan, Adu Karya XIV ini bertujuan untuk mengasah kopetensi mahasiswa khususnya dalam bidang multimedia. Apalagi desain grafis merupakan modal sangat penting yang menjadi pertimbangan bagi kalangan anak muda pada era teknologi seperti sekarang ini dan memiliki daya saing yang tinggi dalam dunia komersial.

Para pemenang lomba akan mendapatkan hadiah berupa beasiswa dan piagam penghargaan. Pengumuman juara dilaksanakan tepat pada penutupan Kebangkitan Budaya dan Olahraga (KBOR) VII pada hari Jumat, (31/08) nanti. “Saya bersyukur karena kegiatan ini sudah berjalan lancar dari awal persiapan sebelum lomba hingga akhirnya lomba telah dilaksanakan. Saya harap para peserta tidak hanya berusaha sampai di sini saja, tetapi terus menghasilkan karya yang memiliki nilai lebih lagi. Dan saya ucapkan terima kasih banyak kepada para peserta yang sudah ikut berpartisipasi, kepada seluruh panitia serta semua pihak yang telah membantu menyukseskan kegiatan ini. Salam Design!," ungkap Yosa.