Pendaftaran Online

Call For Pappers

Hari Senin - Kamis, 30 Juli – 02 Agustus 2018 UKM PASKAMRAS melaksanakan kegiatan Pelatihan dasar dan Pelantikan Anggota Baru. Kegiatan ini berlangsung di Danau Buyan, Desa Pancasari, Kabupaten Buleleng, dengan diikuti oleh 15 anggota panitia dan 7 calon anggota baru.

Pada hari pertama, Senin, 30 Juli 2018, Pukul 08.00 WITA semua calon anggota dan panitia berkumpul di kampus STMIK STIKOM Bali sekaligus mempersiapkan barang yang diperlukan untuk PLATDAS, dilanjutkan dengan pesembahyang bersama matur piuning di Padmasana STMIK STIKOM Bali untuk memohon keselamatan selama perjalanan ke Danau Buyan serta memohon kelancaran kegiatan PLATDAS.  Panitia dan calon anggota memulai keberangkatan Pukul 10.00 WITA bersama - sama menggunakan kendaraan motor untuk menuju lokasi PLATDAS, yaitu bumi perkemahan  di Danau Buyan.

Pukul 12.00 WITA, calon anggota dan panitia sampai di lokasi PLATDAS. Semua barang diturunkan dari mobil dan dilanjutkan dengan persembahyangan di pura setempat untuk memohon izin kemah serta memohon kelancaran  kegiatan PLATDAS. Usai persembahyangan calon anggota dan panitia membersihkan lingkungan di sekitar area yang digunakan untuk PLATDAS serta sebagain dari yang terlibat mendirikan tenda. Setelah itu, panitia dan calon anggota menyantap makan siang bersama yang sudah disiapkan oleh seksi konsumsi. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan pelatihan dasar, yang diikuti oleh panitia dan peserta PLATDAS. Pemeriksaan barang bawaan, masakan dan makan malam bersama, lalu dilanjutkan dengan api unggun dan adanya sesi ramah tamah di dekat api unggun. Setelah itu dilanjutkan dengan acara bebas dan tidur.

Hari kedua, Selasa, 31 Juli 2018, panitia membangunkan calon anggota di pagi hari pukul 04.00 WITA untuk memulai pemanasan dan latihan fisik. pada istirahat latihan fisik calon anggota berbaris sesuai kelompok dan masing-masing koordinator kelompok dibagikan roti dan satu botol minum untuk anggotanya. Dalam kegiatan ini calon anggota diajarkan untuk mampu saling berbagi ke sesama anggota dan tidak egois. Pukul 08.00 WITA, usai latihan fisik calon diintruksikan untuk mengambil air dan juga memasak dengan waktu yang telah ditentukan oleh panitia, kemudian calon anggota menyantap makanan yang mereka masak bersama -sama. Pukul 10.00 WITA, calon anggota diintruksi untuk berkumpul di tempat yang telah di tentukan untuk pemaparan materi dan games-games kecil. Pukul 12.00 WITA calon anggota beristirahat dan mempersiapkan makan siang. Pukul 01.30 WITA, seusai makan siang,  dilanjutkan dengan pelatihan bela diri yang diikuti oleh calon anggota dan anggota. Tidak hanya pelatihan tetapi pelatih berkeinginan untuk menguji satu per satu calon anggota untuk menguasai satu teknik beladiri yang sudah diajarkan. Hari mulai menjelang sore, calon anggota mencari kayu bakar ke dalam hutan dengan waktu yang telah ditentukan oleh panitia. Kayu bakar telah terkumpul, panitia menginstruksikan calon anggota untuk mempersiapkan makan malam. Setelah itu calon anggota berkumpul bersama panitia serta anggota, senior dan Dewan Kehormatan UKM Paskamaras di dalam malam keakraban.

Hari ketiga, Rabu, 01 Agustus 2018, Ccalon  anggota dibangunkan Pukul  04.00 WITA untuk latihan fisik. Setelah itu calon anggota diberikan waktu untuk sarapan dengan roti dan air mineral. Seusai latihan fisik, calon anggota diinstruksika  untuk membersihkan lingkungan area PLATDAS, dan setelah itu panitia menginstruksikan calon anggota memasak, dilanjutkan dengn makan bersama. Setelah makan selesai panitia menginstruksikan calon anggota untuk berkumpul di lapangan guna pembekalan materi tentang UKM PASKAMRAS. Setelah itu, calon anggota mempersiapkan masak untuk makan siang serta istirahat beberapa menit. Setelah istirahat calon anggota bermain game kekompakan tim. Setelah game, calon anggota diperbolehkan untuk istirahat beberapa menit, kemudian dilanjutkan penacarian kayu bakar ke dalam hutan untuk lomba api unggun. Calon anggota telah mengumpulkan cukup banyak kayu bakar dan mulai merangkai kayu serta ranting, setelah tersusun rapi api unggun dihidupkan, api siapa yang paling lama hidup maka kelompok tersebut sebagai pemenangnya. Setelah usai berlomba api unggun, calon anggota memasak dan melanjutkan makan malam bersama. Selanjutnya calon anggota berkumpul bersama panitia, anggota, Senat, Balma dan juga perwakialan dari PK3 di dalam malam keakraban. Dalam acara ini,  masing – masing kelompok mementaskan drama dan yel – yelnya dengan penuh canda tawa. Setelah malam keakraban usai dilanjutkan dengan acara bebas dan calon anggota tidur.

Hari keempat, Kamis, 02 Agustus 2018, di saat tengah malam menjelang pagi panitia melakukan persiapan jurit malam, selanjutnya panitia membangunkan calon anggota lalu menginstruksikan untuk berbaris dan membawa selendang. Panitia menginstruksikan calon anggota untuk menutup mata dengan selendangnya masing – masing. Setelah mata mereka tertutup, panitia melepas calon anggota satu per satu untuk melakukan jurit malam, Didalam jurit malam, calon anggota mencari jejak dan harus menjawab teka - teki yang terdapat di masing – masing pos yang sebelumnya telah dipersiapkan oleh panitia. Hingga sampai calon anggota terakhir jurit malam usai, calon anggota dan panitia kembali ke camp PLATDAS dilanjutkan dengan pengecekan jawaban dari masing calon anggota, dan beristirahat malam. Saat pagi hari calon anggota kembali dibangunkan untuk mandi dan bersiap-siap untuk gladi pelantikan anggota baru sembari menunggu undangan yang datang. Setelah seuma berkumpul dan berbaris dengan rapi, acara pelantikan anggota baru dilaksanakan. Diawali dengan pembukaan oleh MC dan dilanjutkan laporan dari ketua panitia, selanjutnya  pembacaan nama – nama anggota baru yang akan dilantik serta penyematan atribut kebesaran UKM PASAKMARAS. Acara ini diawali dengan penyerahan atribut berupa kemeja, penyematan pin dan Id Card, dilanjutkan dengan penyerahan AD-ART. Usaipelantikan, Ketua Umum UKM PASKAMRAS memberikan sambutan dan dilanjutkan oleh Dewan Kehormatan. Acara pelantikan diakhiri dengan foto bersama serta bersalam - salaman kepada anggota baru yang telah dilantik sebagai anggota UKM PASKAMARAS. Setelah acara bebas, panitia dan calon anggota membongkar tenda serta melakukan pengecekan barang bawaan untuk dikemas kembali serta melakukan bersih – bersih lingkungan di sekitar area PLATDAS dilanjutkan dengan persembahyangan besama,dan perjalanan pulang dan kembali ke kampus STMIK STIKOM Bali. (*)