Pendaftaran Online

Call For Pappers

Denpasar-Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma (KMHD) STMIK STIKOM Bali baru saja melaksanakan kegiatan Tirta Yatra di beberapa pura yang tersebar di Bali dan JawaTimur.

Rombongan di depan STMIK STIKOM Bali

Sedikitnya ada lima pura yang dikunjungi, yakni dua pura di Bali yaitu  Pura Rambut Siwi dan Pura Segara Rupek. Selanjutnya rombongan UKM KMHD sebanyak 68 orang ini melanjutkan perjalanan ke Jawa Timur untuk tirta yatra di  Pura Blambangan (Bayuwangi), Pura Lumajang (Lumajang) dan Pura Giri Arjuna (Malang).

Acara ini berlangsung selama tiga hari 2 malam. Di pagi pertama, peserta  berkumpul di lobby STIMIK STIKOM BALI pada Pukul 06.00 Wita melakukan persembahyangan, absensi dan briefing sebelum  berangkat pukul 07.00 Wita.

Rombongan UKM KMHD kemudian   berangkat menuju Pura Rambut Siwi pukul 07.00 Wita dan tiba di sana pukul 09.00 Wita. Peserta dan panitia langsung menuju ke pura untuk melakukan persembahyangan di Pura Rambut Siwi dan dilanjutkan dengan menunas tirta keselamatan.

Setelah selesai persembahyangan rombongan  berangkat dari Pura Rambut Siwi pukul 09.30 Wita Menuju Pura Segara Rupek. Kami tiba di Pura Segara Rupek pukul 10.30. Peserta dan panitia langsung menuju ke pura untuk melakukan persembahyangan di Pura Segara Rupek.

Setelah melakukan persembahyangan peserta tirta yatra UKMKHMD STMIK STIKOM Bali  menuju pelabuhan Gilimanuk dan tiba di sana sekitar pukul 11.30 Wita dan langsung menyeberang  ke pelabuhan Ketapang yang memakan waktu satu jam. Setelah menyebrang, peserta di berikan makan siang  lalu melanjutkan perjalanan menuju pura blambangan.

Setelah selesai makan siang, rombongan melanjutkan  menuuju Pura Blambangan tiba di Pura Blambangan sekitar pukul 16.00 Wita. Peserta dan panitia langsung menuju ke pura untuk melakukan persembahyangan di Pura Blambangan dan dilanjutkan dengan melakukan foto bersama.

Setelah selesai melakukan persembahyangan di Pura Blambangan, selanjutnya pada pukul 17.00 Wta  rombongan berangkat menuju Pura Lumajang dan tiba pukul 23.00 Wita. Sesampainya di sana seluruh peserta dan panitia melakukan persembahyangan dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Setelah itu acara dilanjutkan dengan MCK dan mekemit di wantilan Pura Lumajang. Keesokan harinya paginya pukul  05.00  Wita rombongan melakukan persembahyang mepamit.

Setelah itu rombongan berangkat ke rumah makan yang memakan waktu selama tiga jam untuk MCK dan makan pagi lalu di lanjutkan menuju pura Gunung Giri Arjuna. Rombongan start dari rumah makan ini pukul 08.00 dan tiba di Pura Arjuna  pukul 14.00. Sesampainya di sana seluruh peserta dan panitia melakukan persembahyangan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Setelah selesai melakukan persembahyangan di Pura Giri Arjuna rombongan menuju Objek Wisata Selecta, Malang untuk makan siang dan resfreshing  lalu dilanjutkan ke RM Faril Resto untuk makan malam dan membeli oleh-oleh serta melanjutkan perjalanan ke pelabuhan.

Rombongan tiba di pelabuhan Ketapang pada pukul 05.00 Wita dan melanjutkan perjalanan menuju Bali pada pukul 07.00 Wita dan peserta tiba kembali di STIMIK STIKOM BALI pada pukul 11.30 Wita.(*)