Denpasar-Tiga Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yakni UKM Tabuh, UKM Tari Tradisional dan UKM Futsal STIKOM Bali mengadakan bakti sosial secara bersama dengan aksi bersih-bersih  dan pelepasan anak penyu alias tukik di Pantai Surfing Pulau Serangan, Denpasar Selatan. Acara bakti sosial  UKM Tabuh, UKM TariTradisonaldanUKM Futsal ini diadakan pada  Minggu, 08 Oktober 2017,  diikuti sebanyak  60 anggota ketiga UKM tersebut dan dihadiri oleh wakil dari  PK III, Senat Mahasiswa dan Balma STMIK STIKOM Bali.

Ketua Panita Bakti Sosial Ni Kadek Asih Nusantari dan wakilnya I Putu Gede Putra Yasa menerangkan, mereka memilih mangadakan aksi bersih –bersih pantai dan pelepasan tukik karena rasa keprihatinan mereka akan kurangnya kesadaran masyarakat untuk  menjaga kebersihan pantai. Apalagi Pulau Serangan adalah habitat  penyu. Sementara populasi penyu di Bali  sudah semakin menurun dan bahkan terancam punah.

Jadi dengan bakti sosial ini kami berharap agar semua masyarakat sadar dengan kebersihan pantai Pulau Serangan sebagai habitat penyu Bali dan berhenti mengeksploitasi penyu,” kata Ni Kadek Asih Nusantari dan dibenarkan I Putu Gede Putra Yasa.

Ni Kadek Asih Nusantara menjelaskan, kegiatan ini dimulai pada pukul 13.00 Wita diawali dengan registrasi ulang peserta, kemudian dilanjutkan dengan pembukaan acara workshop tentang oleh TCEC (Turtle Conservation and Education Centre) Desa Serangan.  Setelah itu acara dilanjutkan dengan observasi di sekitar tempat konservasi dan penangkaran penyu dipandu oleh petugas dari TCEC Desa Serangan.

“Sekitar pukul 16.00 Wita barulah kami mulai melakukan bersih – bersih di sekitaran Pantai Surfing Serangan, setelah itu acara  ditutup dengan pelepasan tukik di pesisir Pantai Surfing Serangan,” kata Kadek Asih Nusantara.

Pada kesempatan ini Ni Kadek Asih Nusantari dan I Putu Gede Putra Yasa mengucapkan terima kasih kepada pihak TCEC Desa Serangan atas dukungan terhadap acara ini dan  seluruh anggota UKM Tabuh, UKM Tari Tradisional dan  UKM Futsal  atas kerja samanya sehingga acara ini dapat berjalan lancar, serta  STMIK STIKOM Bali yang telah mendukung penuh kegiatan yg dilaksanakan oleh mahasiswa ini. (*)