Denpasar-Ini kegiatan yang sangat menarik. Tiga unit kegiatan mahasiswa (UKM) bergabung menjadi satu untuk melaksanakan pengabdian masyarakat dan bakti sosial di sebuah tempat. Seperti halnya pada Rabu, 6 September 2017,  UKM Voice of STIKOM Bali (VOS), Pogram Kreativitas Mahasiswa  Innovation Technology Team (PKM ITT),  dan UKM Teater Biner mengadakan pengabdian masyarakat di SMKN 1 Petang, Kabupaten Badung, Bali, kemudian dilanjutkan dengan bakti sosial di air terjun Nungnungan, Desa Pelaga,  Kecamatan Petang, Badung, pada Kamis,7 September 2017.  

Kegiatan pengabdian masyarakat di SMKN 1 Petang diikuti oleh sedikitnya 40 anggota dan pengurus OSIS serta  dihadiri pula oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, wakil guru, Pembantu Ketua III STMIK STIKOM Bali, Senat Mahasiswa (Sema)  dan Badan Legislatif (Balma) Mahasiswa STMIK STIKOM Bali.

Pengabdian masyarakat kali ini yang bertemakan Make A Great Future With Teamwork. Acara dengan sambutan dari Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, kemudian  lapaoran ketua panitia dan ketiga penyampaian materi dari dosen STMIK STIKOM Bali tentang  teknologi dan pertanian, lalu dilanjutkan oleh pengajaran dari masing-masing UKM .

Selain itu, masing-masing UKM juga memberikan materi tentang unit kegiatannya.  UKM Voice of STIKOM Bali mengajarkan  tentang nada dasar, lalu dilanjutkan oleh PKM ITT menggjarkan   tentang public speaking, lalu pengajaran dari UKM Teater Biner dengan materi Seni Ekspresi. Setelah itu ditutup dengan foto bersama   seluruh peserta, panitia, PK III Senat dan Balma STIKOM Bali.

“Saya harap kegiatan seperti ini bisa dilakukan setiap tahun agar membantu siswa kami untuk lebih mengetahui tentang teknologi dan bisa mengembangkan bakat mereka. Dan saya juga berharap pelaksanaan pengabdian masyarakat ini bisa membuat sekolah kami yang berkonsenterasi pada jurusan pertanian agar diketahui oleh masyarakat luas,” ujar Wakil Kepala Sekolah SMK 1 Petang I Wayan Subawa.

Kemudian, ketiga UKM tersebut mengadakan bakti sosial di air terjun Nungnung, Desa Pelaga, Petang, pada Kamis, 7 September 2017.  Bakto sial ini dihadir ioleh dua orang perwakilan dari pihak desa Pelaga,  PK III  Senat Mahasiswa (Sema), dan Badan Legislatif Mahasiswa (Balma) STMIK STIKOM Bali.

“Kami harap apa yang sudah kami lakukan pada pengabdian masyarakat dan bakti social ini dapat bermanfaat bagi siswa, sekolah, maupun masyarakat. Ada pun harapan saya semoga pohon durian yang kami tanam ini bisa dimanfaatkan secara bijak oleh pihak desa dan tentunya masyarakat desa Pelaga,” ujar Ketua Panitia Putu Chindi Utari. (*)