Denpasar-Workshop I.D.I.o.T (I Do Internet of Things) yang berlangsung pada Sabtu, 10 Juni 2017 di Lab Networking Lantai 4 STIKOM Bali  diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Robotic and Embeded System (RADE). Acara dihadiri oleh perwakilan dari PK3, perwakilan dari Senat dan Balma, pembicara, dan 12 peserta workshop.

Workshop dirangkaikan dengan seminar ini membahas  bagaimana di masa depan, seluruh perangkat (lampu, TV, kulkas, kompor, dan lainnya) bisa terhubung dan berkomunikasi dengan baik. Menurut pembicara I Komang Agus Ady Aryanto, S.Kom, nantinya IoT ini akan sangat bermanfaat guna mempermudah seluruh aktivitas manusia. Di Youtube pun, seperti yang di tunjukkan oleh Pak Komang selaku pembicara, sudah banyak beredar bagaimana aktivitas keluarga yang tinggal dalam sebuah rumah, dimana seluruh perangkatnya sudah menggunakan konsep IoT ini.

Maka dari itu, pentingnya workshop ini guna memperkenalkan konsep IoT agar antinya mahasiswa tidak “tabu” lagi saat mendengarkan kata Internet of Things. Dengan pengenalan dasar IoT, diharapkan agar seluruh peserta dapat mengembangkan konsep ini dan dapat mengimplementasikan di masa depan.

 

Seluruh peserta sangat antusias saat mengikuti workshop ini. Adapun, seluruh panitia penyelenggara workshop ini telah melakukan tugasnya dengan baik dan maksimal.  Di akhir sesi workshop, acara dilanjutkan dengan sesi networking (lebih dekat dengan peserta maupun panitia) dan ditutup dengan berfoto bersama. (*)