Pendaftaran Online

Call For Pappers

E-tourism

Denpasar – Setelah memberikan beasiswa sebesar Rp. 1,5 M pada tahun 2015 yang lalu, di tahun akademik 2016/2017 mendatang STIKOM Bali menyediakan beasiswa senilai Rp 2 miliar untuk  400 mahasiswa. Ketua STIKOM Bali Dr. Dadang Hermawan menjelaskan, pemberian beasiswa sebesar itu meliputi beasiswa prestasi akademik dan nonakademik. Beasiswa prestasi akademik hanya diberikan kepada mahasiswa lama yang memiliki prestasi akademik serta keaktifannya dalam organisasi mahasiswa dan beasiswa untuk mahasiswa baru yang telah berprestasi di sekolahnya.Beasiswa untuk mahasiswa baru, akan diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari SMA Negeri dan SMK Negeri Favorit, serta SMK TI Bali Global / Indonesia Global yang mendapat juara umum 1 di tingkat sekolah. Penerima beasiswa akan  dibebaskan dari seluruh biaya perkuliahan. Untuk peraihh juara umum 2 dan juara 3 di tingkat sekolah dibebaskan dari biaya DPP, rangking 1,2 dan 3 di kelas mendapat potongan 75% DPP, dan rangking 4 s/d 10 di kelas mendapat potongan 50% DPP dengan nilai dana pendidikan pokok (DPP) untuk program strata 1 senilai Rp 7,5 juta, dan D-3 senilai Rp 6,1 juta.

 

Calon mahasiswa dari SMA/SMK lainnya juga mendapat beasiswa. Antara lain peraih juara umum 1 di tingkat sekolah akan mendapatkan bebas DPP, juara umum 2 dan 3 di tingkat sekolah bebas DPP 75 %, rangking 1,2 dan 3 di kelas mendapat potongan DPP 50%, serta rangking 4 s/d 10 di kelas mendapat potongan DPP 25%. Sebagai wujud program “STIKOM Bali Untuk Negeri”, beasiswa diberikan kepada mahasiswa yang secara ekonomi kurang mampu. Serta beasiswa di bidang non-akademik, beasiswa juga akan diberikan kepada  mahasiswa yang  meraih prestasi dalam bidang tertentu diluar akademik seperti olah raga, seni dan budaya. “Untuk keluarga miskin kami gratiskan kuliah sampai tamat alias beasiswa 100 persen plus kami ajak bergabung sebagai staff di STIKOM Bali Group supaya gajinya dapat dipergunakan untuk biaya hidup sehari-hari. Selain itu ada yang mendapat beasiswa 75 persen, ada yang 50 persen dan ada yang mendapat beasiswa 25 persen, sesuai tingkat ekonomi orangtuanya,” terang Dadang Hermawan.

Sedangkan bagi mahasiswa yang berprestasi di bidang oleh raga dan seni akan mendapat beasiswa sesuai level kejuaraan. Juara 1,2 dan 3 level internasional dibebaskan dari seluruh biaya kuliah. Juara 1,2 dan 3 nasional akan diberikan bebas DPP. Juara 1,2 dan 3 tingkat provinsi/kabupaten/kota bebas DPP 75%. Juara 1,2 dan 3 tingkat sekolah juga mendapat potongan DPP 50%. Lebih jauh Dadang Hermawan membeberkan, program beasiswa  yang menggunakan dana murni milik STIKOM Bali sudah digelontorkan sejak tahun 2010 lalu. “Pada tahun 2015, kami mengeluarkan beasiswa sebanyak Rp 1,5 miliar untuk 200 orang mahasiswa. Dan tahun 2016/2017 kami naikan menjadi Rp 1,8 miliar untuk 300 mahasiswa,” kata Dadang Hermawan sambil menyebut total beasiswa yang sudah dikucurkan sejak 2010 hingga akhir Agustus 2016 nanti, mencapai Rp 6,5 miliar untuk sekitar 700 mahasiswa.

Mahasiswa Baru Membludak

Menyinggung penerimaan mahasiswa baru untuk tahun akademik 2016/2017, Dadang Hermawan mengatakan sejak dibuka bulan Januari lalu, jumlah  calon mahasiswa baru yang sudah mendaftar   mencapi 500 orang. “Rata-rata calon mahasiswa baru yang mendaftar tiap bulan 250 orang,” sebutnya.Menurut Dadang, membludaknya calon mahasiswa baru ini tak lepas dari program beasiswa yang ditawarkan dan potongan biaya pendaftaran yang diberikan sesuai gelombang pendaftaran. (*)